15 Gesture Kombinasi Tombol di iPhone X

Tidak seperti iPhone generasi sebelumnya, iPhone X hadir tanpa Home Button. Itu artinya ada beberapa akses yang berubah terutama untuk menggantikan tombol berumur 40 tahun tersebut di perangkat iPhone. Seperti kembali ke Home Screen, memanggil Siri, atau mengambil screenshot. Dalam artikel ini tim MakeMac akan menjelaskan beragam gesture dan juga kombinasi tombol yang harus kamu tahu jika berencana membeli iPhone X. Yuk simak langsung!

1. Kembali ke Home Screen

Jika sebelumnya kamu harus menekan Home Button sekali untuk akses ke Home Screen, iPhone X mengubah langkah tersebut dengan bentuk gesture. Tinggal swipe dari bagian bawah layar ke bagian atas untuk menampilkan animasi zoom out aplikasi dan melihat Home Screen.

2. App Switcher dengan Cepat

Bagi pengguna perangkat iPhone 6s atau lebih baru yang mendukung 3D Touch, akses cepat App Switcher dapat kamu lakukan dengan tekan dan tahan di tepi kiri layar lalu geser ke kiri hingga kamu menemukan aplikasi yang dicari. Di iPhone X, Cara Membuka Kunci Aktivasi Iphone ini dihapus dan dibuat lebih sederhana. Pengguna iPhone X yang ingin melakukan App Switcher tinggal tekan dan geser tombol gesture di bagian bawah layar iPhone X ke kiri dan ke kanan. Cara ini jauh lebih cepat dan mudah diraih, baik saat menggunakan tangan kiri atau kanan.

3. Multitasking App Switcher

Fitur Multitasking App Switcher mungkin lebih mudah diingat dengan tekan Home Button 2x di iPhone yang selama ini kamu gunakan. Namun di iPhone X, cara ini kembali diubah menjadi gesture. Berikut ini langkahnya:

Tekan layar iPhone X dari bagian bawah lalu swipe ke atas.
Berhenti lakukan swipe ke atas namun jangan lepaskan sentuhan di layar selama beberapa detik.
Setelah beberapa detik, lepas sentuhan di layar dan mode Multitasking App Switcher akan tampil dengan beberapa aplikasi yang berjalan dibelakang layar.

4. Menutup Aplikasi yang Berjalan di Belakang Layar

Apple mengubah proses menutup aplikasi di Background pada iPhone X menjadi lebih panjang dan sedikit repot. Yaitu dengan cara menghapus mode swipe ke atas atau membuang card aplikasi dalam mode Multitasking App Switcher. Berikut ini panduan Membuka Kunci Aktivasi Iphone lengkapnya:

Tekan layar iPhone X dari bagian bawah lalu swipe ke atas.
Berhenti lakukan swipe ke atas namun jangan lepaskan sentuhan di layar selama beberapa detik.
Setelah beberapa detik, lepas sentuhan di layar dan mode Multitasking App Switcher akan tampil dengan beberapa aplikasi yang berjalan dibelakang layar.
Tekan dan tahan salah satu aplikasi hingga tampil ikon merah “X” di pojok kiri layar.
Tekan ikon merah “X” untuk menghapus aplikasi di belakang layar. Kamu bisa menekan setiap tombol tersebut secara berurutan untuk menghapus semua aplikasi di belakang layar jika diperlukan.

6. Akses Reachability di iPhone X

Reachability pertama kali dikenalkan Apple pada perangkat iPhone 6. Fitur ini dapat digunakan dengan cara double tap Home Button untuk membuat layar turun separuh ke bawah – akses ikon di Home Screen bagian atas lebih mudah atau lainnya. Bagaimana cara menggunakan Reachability di iPhone X? Simak panduan berikut ini:

Aktifkan Reachability di Settings – General – Accessibility – ON.
Tekan tombol gesture di bagian bawah layar iPhone X.
Swipe dari tombol tersebut ke bagian bawah.

7. Akses Control Center dan Notification Center di iPhone X

Karena bagian bawah layar iPhone X digunakan untuk beberapa gesture yang sudah saya sebutkan di atas, akses Control Center dan Notification Center akhirnya dipindah. Berikut ini panduan akses Control Center dan Notification Center di iPhone X.

Control Center: Tekan layar iPhone X di bagian kanan atas, swipe dari bagian atas ke bawah.
Notification Center: Tekan layar iPhone X di bagian kiri atas, swipe dari bagian atas ke bawah.

Cara membagi sisi kiri dan kanan di bagian atas iPhone X adalah posisi lekukan setelah atau sebelum deretan kamera dan sensor di TrueDepth Camera ya. Sebagai catatan tambahan, tampilan persentase baterai dan juga nama operator selular yang kamu gunakan hanya tampil di mode Control Center, tidak terlihat di Home Screen.

8. Menghidupkan iPhone X

Tekan dan tahan Side Button (sebelumnya bernama Power Button).

9. Mematikan Layar atau Mengunci iPhone X

Tekan Side Button 1x. Cara yang sama juga berlaku untuk menghidupkan layar iPhone X.

10. Memanggil Siri

Karena tidak ada Home Button, akses Siri diubah dengan cara tekan dan tahan Side Button. Kamu juga tetap dapat memanggil Siri dengan “Hey Siri” dan pastikan pengaturan tersebut sudah aktif di Settings – Siri.

11. Aktifkan Emergency SOS &, Mematikan Face ID Sementara

Jika dalam kondisi darurat, kamu dapat mengaktifkan Emergency SOS sekaligus mematikan Face ID di iPhone X. Fitur Face ID akan dimatikan secara sementara dan harus menggunakan Passcode Lock untuk membukanya. Cara aktifkan mode ini juga tidak sulit.
Baca Juga :
Pastikan layar iPhone dalam kondisi padam atau mati, setelah itu tekan dan tahan Side Button + Volume Up + Volume Down secara bersamaan.

12. Mematikan iPhone X

Tekan dan tahan Side Button + Volume.
Swipe ke kanan di tampilan Slide to Power OFF.

13. Screenshot di iPhone X

Tekan Side Button + Volume Up bersamaan.

14. Accessibility Shortcuts

Aktifkan Accessibility Shortcuts di Settings – General – Accessiility.
Tekan Side Button 3x berturut-turut.

15. Cara Restart iPhone X

Tekan Volume Up
Tekan Volume Down
Tekan dan tahan Side Button.

Fitur Favorit Kamu?

Ada cukup banyak gesture dan akses kombinasi tombol di iPhone X yang wajib kamu pelajari. Karena absennya Home Button, tombol Power Button menjadi bagian yang paling banyak menggantikan beberapa fitur tersebut. Dari 15 gesture dan kombinasi tombol di atas, mana saja yang paling kamu suka atau ingin segera coba di iPhone X? Bagikan di kolom komentar ya!

Sumber: https://www.makemac.com/15-gesture-dan-kombinasi-tombol-di-iphone-x/

Komentar

Postingan Populer